Sebelum melakukan rotasi,harap untuk mengetahui batik dr ban mobil tsb.dilihat dari arah alur ban,ada dua model batik/alur yg ada pada ban yaitu alur directional (alur yang searah),dan non directional(alur bolak balik).
untuk lebih jelasnya bisa dilihat contoh berikut.
ban type non direct
ban type direct
Untuk batik ban tidak sealur/searah untuk merotasinya bisa menggunakan teknik rotasi melingkar/keliling,rotasi lurus (depan ke belakang),rotasi silang depan,dan rotasi kiri - kanan.
untuk rotasi 5 roda dgn ban serep urutannya ialah.
- roda/ban serep diturunkan dan dipasang di posisi roda belakang kiri,
- roda/ban belakang kiri pindah maju dan dipasang ke depan kiri,
- kemudian roda/ban depan kiri pindah dan dipasang ke belakang kanan,
- roda/ban belakang kanan pindah maju ke depan kanan.
- nah ban depan kanan selanjutnya naik menjadi ban serep.
yg kedua ialah ban batik/alur searah,untuk merotasinya hanya bisa maju dan mundur saja,yakni roda/ban depan kiri hanya dapat dirotasi ke arah belakang kiri/sebaliknya.
begitu pula berlaku untuk ban yang sebelah kanan.
*keuntungan dari merotasi ban secara berkala ialah untuk menjaga keausan ban secara merata dan juga untuk tetap menjaga kesetimbangan pengendalian/traksi yang lebih optimal.
0 komentar:
Post a Comment