Home » » chamber kijang innova tidak dapat di steel

chamber kijang innova tidak dapat di steel

   pernah suatu hari saya mendapatkan problem yang dapat dibilang sangat menjengkelkan pada saat pengerjaan spooring mobil toyota kijang innova.
   history sebelumnya sih ada pengerjaan lain selain spooring yaitu melakukan pengantian part part seperti ball joint atas,ball joint bawah serta long tierod karena semuanya telah mengalami kerusakan.
    selesai melakukan penggantian part kemudian mobil tsb di-spooring,setelah melakukan pengambilan data awal/before seperti biasanya ,diketahui data camber sebelah kiri meleset sangat jauh dari target data spesifikasi standardnya,menujukkan angka +4derajat 26 menit.sedangkan camber yang kanan tidak begitu jauh dari target spesifikasi.


    sebelumnya sempat saya acuhkan saja ketika melihat data seperti gambar pertama diatas. mengingat setelah penggantian part part seperti itu biasanya memang sudut2 geometrinya hancur,setelah di setel beberapa kali kok tidak ada perubahan sama sekali,padahal baut penyetel chamber sudah diputar putar,bahkan sampai baut exentrik-nya pun saya putar satu putaran penuh,anehnya sudut chambernya tidak berubah sama sekali.stagnan di angka +3 sampai +4 derajat.
   setelah saya perhatikan secara seksama dan mencari cari penyebabnya, ternyata saat si tehnisi melakukan penggantian ball joint bawah tadi,dia salah posisi pada saat memasang mur pengunci joint bawahnya.sehingga posisinya terbalik,yang depan dibelakang dan yang belakang berada di depan.
sehingga terpaksa spooringnya saya cancel dahulu,dan meminta tehnisi yang bersangkutan untuk membalik pemasangan part yang salah pasang tadi.

berikut gambar part yang salah pasang.

    kemudian setelah selesai dibalik,mobil kembali di spooring lagi.dan akhirnya dapat di stell dengan cepat dan pastinya tanpa perasaan jengkel lagi.hehe.

  semoga hal ini bisa bermanfaat dan dapat memberikan masukan bagi teman - teman tehnisi spooring yang pernah mengalami hal serupa yaitu camber kijang innova susah di setel.

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.