Home » » TIPS MENGGANTI VELG MOBIL

TIPS MENGGANTI VELG MOBIL


   bila dalam mengganti ukuran velg dilakukan secara benar, penggantian tsb dapat membuat mobil terasa lebih enak dan stabil. karena daya cengkeram ban dan traksi roda tentunya juga mengalami peningkatan.namun,penggantian besar diameter velg yang sangat berlebihan juga tidak bagus dan justru dapat membahayakan.dikarenakan nantinya mobil bisa terasa lebih keras dan berat dalam hal belok serta kemampuan traksi nya justru menjadi berkurang.apa lagi bila ban yang dipasang pada velg tsb merupakan ban yang biasa membuat mobil narik,hal ini akan semakin memperbesar gaya tariknya.
   percuma saja bila melakukan penggantian velg yang bertujuan hanya untuk sekedar bergaya saja, jika kenyamanan dan keamanan dalam berkendara justru berkurang.
   patokan yang harus diperhatikan dalam mengganti ukuran velg adalah memperhatikan lingkar roda harus berukuran sama dengan ukuran sebelum diganti.
    logikanya,para produsen mobil telah memperhitungkan secara matang untuk ukuran lingkar roda yang ideal bagi produk mereka. nah, bila anda ingin mengganti ukuran velg,usahakan untuk lingkar diameter keseluruhan tetap sama dengan ukuran standar aslinya.
   ada sebuah metode penggantian yang dengan istilah plus size(max naik antara 1-2inchi dr lebar standart) dan penggantian velg Ini juga harus disertai pengurangan ukuran ketinggian ban sampai 10%,serta penambahan lebar telapak ban maksimal 10 - 15mm.
   hal Ini dimaksudkan agar ukuran lingkar roda tidak berubah terlalu jauh dengan ukuran standarnya.
    sebagai contoh velg standar avanza berdiameter 15 inchi dengan ketinggian ban 70 dan lebar 185. Kalau ingin diganti velg dg lebar 17 inchi, maka harus di imbangi pula dengan mengganti ban dengan ukuran tinggi ban maksimal 60 dan lebar telapaknya maksimal 205.

semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.